Powered By Blogger

Jumat, 02 Maret 2012

Insomnia? Aerobik Saja

INSOMNIA, penyakit susah tidur yang sudah menjadi 'sahabat' sebagian orang. Penderitanya biasanya mengonsumsi obat tidur. Tapi, cara kerjanya tak maksimal.
Selain itu, obat tidur pun memberi efek samping yang kurang baik, seperti kecanduan.

Ada cara yang lebih baik mengobati insomnia. Aerobik yang dilakukan minimal sekali seminggu dapat memperbaiki mood, dan membuat tubuh sehat. Sehingga tidur bisa lebih nyenyak.

Ilmuan dari Sao Paulo University, Brasil, mempelajari pengaruh aktivitas fisik yang berbeda pada tubuh manusia. Melakukan aerobik, bahkan pada kompleksitas terendah, dapat mengurangi waktu menunggu tidur hingga 54 persen. Pergerakan mata atau rapid eye movement (REM) pun berkurang hingga 36 persen. 

Durasi tidur nyenyak meningkat sebesar 21 persen. Begitu pula dengan efek kesehatan yang berhubungan dengan tidur meningkat hingga 18 persen.

Melakukan gerakan-gerakan aerobik dapat mengurangi kecemasan berlebih. Selain sederhana, olah raga itu tidak membutuhkan banyak waktu. Secara umum, latihan aerobik meningkatkan kinerja jantung dan menyalurkan energi positif pada kita. Dengan alasan itulah para ilmuan menganggap aerobik dapat menyembuhkan insomnia.

Tidak terlalu susah bukan? Silakan mencoba! 


sumber : http://www.metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...